Sabtu, 15 April 2017

Mengenal Aplikasi Sispena dan Kegunaanya

Sispena adalah sistem informasi penilaian akreditasi berbasis web , aplikasi sispena bisa diakses dari mana saja, kapan saja dengan syarat pengguna terhubung dengan internet.
Aplikasi sispena ini dibuat dan dikelola oleh Badan Akrediasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Tidak hanya menggunakan komputer PC/Laptop aplikasi sispena ini juga bisa diakses dengan menggunakan Ponsel Pintar (Smartphone) dan Tablet. Aplikasi sispena bisa diakses melalui halaman dengan link http://sispenabap.bansm.or.id atau juga bisa melalui halaman ini http://bansm.or.id/sispena . kedua link tersebut sama dan akan di redirect pada satu server yang mengakses aplikasi sispena tersebut. Admin forum sispena akan pada kesempatan yang akan datang akan membuat tulisan-tulisan yang berkaitan dengan panduan-panduan penggunaan aplikasi sispena secara lengkap.

Mengenal Aplikasi Sispena dan Kegunaanya

Kegunaan Sispena

Dari segi fungsi sispena ini pada penjabaran definisi aplikasi sispena yang mana merupakan sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk melakukan penilaian kepada sekolah agar mendapat nilai akreditasi. Secara garis besar fungsi dari aplikasi sispena ini adalah sebagai berikut :
  1. Aplikasi Sispena digunakan untuk melakukan pendataan sekolah/madrasah yang hendak diakreditasi.
  2. Aplikasi sispena digunakan untuk melakukan pengiriman berkas-berkas / dokumen persyaratan akreditasi dengan cara online. Persyaratan berkas akreditasi tidak perlu dikirim dalam bentuk hardcopy. anda cukup mendownload format yang sudah disediakan lalu mengupload melalui akun sekolah masing-masing di aplikasi sispena.
  3. Aplikasi sispena BAN S/M digunakan untuk melakukan penilaian terhadap sekolah yang diakreditasi. Semua instrumen penilian akreditasi akan di muat didalam aplikasi sispena ini. Sekolah/Madrasah melalui kepala atau operator atau guru yang diberi kewenangan untuk mengoperasikan aplikasi sispena mengisi dengan cara menjawab pertanyaan dari instrumen-instrumen penilaian yang ada didalam aplikasi sispena. Kemudian asesor hanya tinggal melakukan koreksi dan sinkronasi antara jawaban hasil pengisian instrumen penilaian akreditasi dengan bukti-bukti dokumen yang sudah diupload.
  4. Aplikasi sispena mampu melakukan penilaian otomatis kepada sekolah/madrasah yang di akreditasi melalui analisa hasil dari pengumpulan data berupa jawaban atas pertanyaan berupa instrumen-instrumen serta dokumen-dokumen yang sudah diupload pihak sekolah/madrasah. Jadi asesor tidak perlu menghitung nilai akhir. semua sudah dilakukan oleh aplikasi sispena.
Dari analisa saya mengenai penggunaa sispena ini dengan hadirnya aplikasi ini tentunya akan menjadi sebuah reformasi birokrasi yang sangat positif dalam bidang pendidikan di indonesia. Dengan hadirnya aplikasi sispena akan sangat memudahkan pihak sekolah/madrasah serta asesor dalam melaksanakan proses akreditasi. Tidak hanya mudah tetapi juga cepat keran berbasis online. kecepatan pengiriman data jauh lebih cepat daripada harus menggunakan metode manual. Kita patut acungi jempol kepada BAN SM yang sudah berhasil merilis aplikasi ini meskipun masih terus dalam tahap penyempurnaan. Bagi anda yang masih awam terhadap aplikasi sispena ini iktui terus blog ini karena akan membahas secara lengkap baik penggunaan, tata cara maupun membahas berbagai solusi jika mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi sispena. 

This Is The Oldest Page

5 komentar

selamat bekerja dan sukses..... Bagaimana mengetahui pada aplikasi sispena data yang diunggah sudah masuk atau belum....sambil nunggu jadwal visitasi...trims

apakah data hasil akreditasi yang sudah terkirim bisa dirubah kembali bagaimana caranya ?

saya sudah masuk login sispena tapi disana mengatakan sekoalah anda buakan sasaran di tahun 2018. maksudnya itu apa?

kalo aplikasi sispena berpengaruh sama batas cutof pendaftaran akreditasina apa tidak?

dateline mengisi isian dia akreditasi dalam sispena tahun ajaran 2018 kapan ya?


EmoticonEmoticon