Rabu, 14 Februari 2018

Panduan Khusus Akreditasi

Panduan Khusus Akreditasi Sekolah/Madrasah ini disusun dan diterbitkan secara resmi oleh BAN SM pusat. Panduan akreditasi ini dibuat guna memudahkan penyelenggara pendidikan yang hendak melaksanakan akreditasi. Panduan ini dibuat khusus dan merupakan rangkuman dari Juknis serta instrumen akreditasi sekolah/madrasah tahun 2018.

Berikut Panduan Khusus Akreditasi

A. PERSYARATAN AKREDITASI

Sebelum mengikuti dan mendaftar akreditasi maka terlebih dahulu memahami dan menyiapkan segala persyaratan akreditasi. Adapun persyaratan akreditasi adalah sebagai beriku :
  1. Memiliki surat keputusan pendirian/operasioanl sekolah/madrasah. 
  2. Memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN) yang diterbitkan oleh Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).
  3. Memiliki peserta didik pada semua tingkat kelas. 
  4. Memiliki sarana dan prasarana pendidikan.
  5. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan.
  6. Melaksanakan kurikulum yang berlaku.
  7. Telah menamatkan peserta didik. 
    Panduan Khusus Akreditasi

B. SEKOLAH/MADRASAH MERGER

Berikut ketentuan yang berlaku bagi sekolah/madrasah merger yang hendak akreditasi :
  1. Sekolah/madrasah yang dimerger dinyatakan sebagai satuan pendidikan baru dengan NPSN baru.
  2. Sekolah/madrasah yang dimerger, akreditasi sebelumnya dinyatakan tidak berlaku. 
  3. Sekolah/madrasah merger (Baru) harus diakreditasi sesuai ketentuan yang berlaku. 

C. SEKOLAH/MADRASAH YANG BERUBAH NAMA

  1. Sekolah/madrasah yang berubah nama dinyatakan sebagai satuan pendidikan baru dengan NPSN baru.
  2. Sekolah/madrasah yang berubah nama, akreditasi sebelumnya dinyatakan tidak berlaku.
  3. Sekolah/madrasah dengan nama baru, harus diakreditasi sesuai ketentuan yang berlaku. 

D. SEKOLAH/MADRASAH YANG PINDAH LOKASI 

  1. Sekolah/madrasah yang pindah lokasi dinyatakan sebagai satuan pendidikan baru dengan NPSN baru.
  2. Sekolah/madrasah yang pindah lokasi, akreditasi sebelumnya dinyatakan tidak berlaku. 
  3. Sekolah/madrasah dengan lokasi baru, harus diakreditasi sesuai ketentuan yang berlaku. 

E. SEKOLAH/MADRASAH YANG DITUTUP 

  1. Sekolah/madrasah yang ditutup, akreditasinya dinyatakan tidak berlaku.
  2. Sekolah/madrasah yang ditutup harus melaporkan kepada BAP-S/M dan pihak terkait 
  3. BAP S/M mencabut sertifikat akreditasi sekolah/madrasah yang ditutup. 

F. Akreditasi SMK 

  1. Akreditasi SMK dilakukan terhadap Program Keahlian, bukan Kompetensi Keahlian. 
  2. Program Keahlian mengikuti Spektrum 2013 dan 2016 
  3. Kompetensi Keahlian mengikuti akreditasi Program Keahlian.
  4. Program Keahlian yang belum terakreditasi dan Kompetensi Keahliannya sudah diakreditasi, maka: a. Jika program keahlian hanya memiliki satu Kompetensi Keahlian, maka nilai dan peringkat Kompetensi Keahlian menjadi nilai dan peringkat Program Keahlian. b. Jika Program Keahlian terdapat beberapa Kompetensi Keahlian, maka nilai dan peringkat Akreditasi Program Keahlian ditetapkan berdasarkan nilai dan peringkat akreditasi Kompetensi Keahlian yang tertinggi. c. Jika Program Keahlian terdapat beberapa Kompetensi Keahlian dan hanya satu Kompetensi Keahlian yang terakreditasi, maka nilai dan peringkat akreditasi Program Keahlian mengikuti nilai dan peringkat Kompetensi Keahlian tersebut.
  5. Jika Program Keahlian telah terakreditasi, maka nilai dan peringkat akreditasi Kompetensi Keahlian dinyatakan tidak berlaku.[] 
Demikianlah ringkasan panduan khusus akreditasi semoga bisa membantu mempermudah dan memperlancar jalanya akreditasi disekolah/madrasah anda.

1 komentar so far

kak mau tanya apakah sispena bisa login dengan 2 komputer secara bersamaan?


EmoticonEmoticon