Minggu, 30 April 2017

Tujuan, Manfaat dan Fungsi Akreditasi

Setiap sekolah/madrasah di indonesia harus mengikuti proses akreditasi, jika ditanya kenapa harus ikut akreditasi ? atau apa manfaat dari akreditasi sekolah ? maka secara spontanitas kita sebagai pelaku dalam dunia pendidikan akan menjawab agar mendapat penilaian, atau agar sekolah memperolah predikat, atau agar sekolah diakui pemerintah. Sebuah jawaban yang simple namun memang seperti itu kenyataanya. Dengan diakreditasi maka minimal sekolah / madrasah yang diakreditasi akan mendapat : nilai, predikat dan pengakuan dari pemerintah.

Dari urian singkat diatas Tujuan, Manfaat dan Fungsi akreditasi sejatinya tidak sesederhana itu, ada banyak sekali sebenarnya Tujuan, Manfaat dan Fungsi diadakanya akreditasi terhadap suatu Sekolah/Madrasah. Lantas apa sajakah Tujuan, Manfaat dan Fungsi Akreditasi secara detail ? Mari kita simak satu persatu.

Tujuan, Manfaat dan Fungsi Akreditasi

Tujuan Akreditasi Sekolah/Madrasah

  1. Memberikan informasi tentang kelayakan S/M atau program yang dilaksanakanya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP)
  2. Memberikan pengakuan peringkat kelayakan
  3. Memetakan mutu pendidikan berdasarkan SNP
  4. Memberikan pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan (Stakeolder) sebagai bentuk akuntabilitas publik.

Manfaat Akreditasi Sekolah/Madrasah

Hasil dari akreditasi Sekolah / Madrasah (S/M) akan bermanfaat sebagai :
  1. Acuan dalam upaya peningkatan mutu dan rencana pengembangan Sekolah/Madrasah.
  2. Akreditasi bermanfaatn sebagai umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah/madrasah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah/madrasah.
  3. motivator agar Sekolah/Madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten / kota, provinsi, nasional, bahkan internasional.
  4. Hasil akreditasi berguna sebagai baha BAN S/M untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta dalam profesionalisme, moral, tenaga, dan dana
  5. Acuan bagi lembaga terkait dalam mempertimbangkan kewenangan sekolah.madrasah sebagai penyelenggara ujian nasional.
Hasil dari akreditasi Sekolah / Madrasah bermanfaat bagi :
  1. Pemerintah dan pemerintah daerah; pemetaan mutu pendidikan, pencapaian SNP, dan dasar pertimbangan dalam menyusun kebijakan peningkatan mutu pendidikan nasional.
  2. Hasil akreditasi bermanfaat bagi penyeleggara pendidikan; bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan peningkatan mutu pendidikan nasional.
  3. Masyarakat/orang tua peserta didik; informasi tentang mutu satuan pendidikan dan pertimbangan dalam memilih layanan pendidikan.
  4. Sekolah / Madrasah; informasi tentang pencapaian mutu Sekolah/Madrasah sebagai dasar peningkatan mutu.
  5. Hasil akreditasi bermanfaat bagi Peserta Didik; pertimbangan dalam melanjutkan studi, mutasi sekolah/madrasah, dan karir dalam dunia kerja.

Fungsi Akreditasi Sekolah / Madrasah

Pengetahuan : Informasi bagi semua pihak tentang kelayakan Sekolah/madrasah dlihat dari beberapa unsur terkait yang mengacu pada standar minimal beserta indikator-indikatornya.

Akuntabilitas : Salah satu bentuk pertanggungjawaban Sekolah/Madrasah sebagai lembaga pelayanan publik

Pembina dan Pengembangan : Dasar bagi pemerintah, penyelenggara pendidikan, S/M, dan masyarakat dalam upaya pembinaan, peningkatan dan pengembangan mutu S/M.

Dari uraian diatas ternyata memang banyak sekali manfaat dari akreditasi sekolah/madrasah. lembaga anda belum diakreditasi ? segera ajukan sekarang juga ke BAN/SM melalui koordinator baik dinas pendidikan atau kementerian agama agar sekolah/madrasah anda bisa menikmati manfat-manfat hasil akreditas. Sekian informasi mengenai Tujuan, Manfaat dan Fungsi akreditasi semoga bisa menambah wawasan kita semua.


EmoticonEmoticon